PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES BALANG-BALANG KAB. GOWA

Authors

  • Amrah Universitas Negeri Makassar
  • Lutfi B Universitas Negeri Makassar
  • Ana Haerunnisa Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Children Learning In Science (CLIS), Hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini di lakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Sebanyak 28 siswa dan satu guru. Fokus penelitian ini meliputi proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, dan guru sebagai observer. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Retrieved from

https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ

Indrawati, E. (2021). Copyright © Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V) 21. Pendidikan Dan Pengabdian, 2(1), 21–30.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Makkasau, A., Sahabuddin, E.S., Irfan, M., & Lutfi B (2020). Hakikat dan Model Pembelajaran IPA.

Muhson, A. (2010). Pngembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Panjaitan, S. (2017). Hasil Belajar IPA melaui Media Gambar. Jurnal Priamary Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 252.

Rositayani, N. P. E., Putra, D. B. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 338. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/viewFile/1563/627

* S. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian, 10(1), 204–210. https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354

Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X AP SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.

Downloads

Published

27-10-2023

How to Cite

Amrah, Lutfi B, & Ana Haerunnisa. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES BALANG-BALANG KAB. GOWA. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 1(2), 1–8. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/68