PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES BALANG-BALANG KAB. GOWA
Keywords:
Children Learning In Science (CLIS), Hasil belajar, IPAAbstract
Penelitian ini di lakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Sebanyak 28 siswa dan satu guru. Fokus penelitian ini meliputi proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, dan guru sebagai observer. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pencapaian ketuntasan hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pencapaian ketuntasan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Inpres Balang-Balang Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ
Indrawati, E. (2021). Copyright © Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V) 21. Pendidikan Dan Pengabdian, 2(1), 21–30.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258
Makkasau, A., Sahabuddin, E.S., Irfan, M., & Lutfi B (2020). Hakikat dan Model Pembelajaran IPA.
Muhson, A. (2010). Pngembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Panjaitan, S. (2017). Hasil Belajar IPA melaui Media Gambar. Jurnal Priamary Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 252.
Rositayani, N. P. E., Putra, D. B. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 338. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150
Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/viewFile/1563/627
* S. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian, 10(1), 204–210. https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354
Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X AP SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.