PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES PERUMNAS II
DOI:
https://doi.org/10.70217/jmp.v3i1.271Keywords:
Inquiry Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Inpres Perumnas II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran inwuiry learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV di SD Inpres Perumnas II. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Perumnas II yang berjumlah 13 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes keterampilan berpikir kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan data keaktifan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis. Siklus I menunjukkan bahwa guru lebih aktif dan peserta didik cenderung pasif dengan kategori Cukup Baik (C) serta nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis berada pada kategori kritis. Pada siklus II mengalami peningkatan bahwa keaktifan guru dan peserta berada pada kategori Baik (B) dan hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dengan mencapai kategori sangat kritis, sehingga penerapan model pembelajaran inquiry learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA pada peserta didik di SD.
Downloads
References
Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385
Hidayati, W. R., & Suryana, D. (2021). Peran Guru Dalam Mengenalkan Sains Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Nugroho, A. dan. (2020). Peningkatan Penguasaan Konsep Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN 1 Randuagung Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. 4(1).
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Wafi, U. H., & Arif, S. (2020). The Effect Of The Application Of The Guided Inquiry Model With The Problem Solving Approach On Students ’Observation Skills In Additive And Addictive Materials. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 143–154. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2393
Widianjani, W., & Patimah, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Didactical Mathematics, 5(1), 81–86. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4938
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pelaksanaan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dewi, W. A. F., & Wardani, K. W. (2021). Metaanalisis Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1241–1251.
Fashali, A. J. I., Maizora, S., Muchlis, E. E., Stiadi, E., & Utari, T. (2022). Penerapan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.1-12
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ).
(1), 14–23.
UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM
PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). No Title. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts+ end notes, appendix, referen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmat Nurardan, Nurhaedah, Abdul Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.