IMPLEMENTASI METODE FLOOR TIME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA AUTIS KELAS I DI SLB LANIANG MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.246Keywords:
Interaksi Sosial, Metode Floor Time, AutisAbstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan interaksi sosial siswa kelas I di SLB Laniang Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan interaksi sosial siswa autis kelas I di SLB Laniang Makassar sebelum implementasi metode floor time. 2) kemampuan interaksi sosial siswa autis kelas I di SLB Laniang Makassar setelah implementasi metode floor time. 3) Peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa autis kelas I di SLB Laniang Makassar melalui implementasi metode floor time. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas I berinisial AA di SLB Laniang Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes perbuatan. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan setelah implementasi metode floor time. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) kemampuan interaksi sosial siswa autis sebelum implementasi metode floor time berada pada kategori kurang. 2) Kemampuan interaksi sosial siswa autis setelah implementasi metode floor time berada pada kategori baik sekali. 3) Terdapat peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa autis dari kategori kurang menjadi kategori baik sekali melalui implementasi metode floor time.
Downloads
References
Anwar, A., Rahman, M. M., Ferdous, S. M., Anik, S. A. & Ahmed, S. I. (2011). A computer game based approach for increasing fluency in the speech of the autistic children. In 2011 IEEE 11th International Conference on Advanced Learning Technologies (pp. 17-18). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1316
Ballerina, T. (2016). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. Dalam Jurnal INKLUSI: Journal Of Disability Studies, 3(2), 245-266. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1316
Dewanti, A., Widjaja, J. A., Tjandrajani, A., & Burhany, A. A. (2016). Karakteristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008-2009. Sari Pediatri, 14(4), 230-239. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1316
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. (G. Ilmu, Ed.) (Edisi pertama). Yogyakarta: Psikosains. Unesa.candrasari@mhs.unesa.ac.id
Greenspan, S., & Wieder, S. (2006). Infant and Early Childhood Mental Health: A Comprehensive Developmental Approach to Assessment and Intervention. http://library1.org/_ads/3DF5AE900423B97261 34C1FC3E97883B
Karningtyas, M. A. (2014). Pola Komunikasi Interpersonal Anak Autis di Sekolah Autis Fajar Nugraha Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2). http://journal.unismuh.ac.id/index.php/
Kalalo, & Yuniar. (2019). Gangguan Spektrum Autisme: Informasi untuk Orang Tua dalam Bentuk Modul Psikoedukasi. Surabaya: Airlangga University Press. Unesa.dianarahmasari@unesa.ac.id
Mansur, M. (2018). Hambatan Komunikasi Anak Autis. Al-MUNZIR, 9(1), 80-96. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1316
Phill, et al. (2011). Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1316
Pamuji. (2007). Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Puspitaningtyas, A., & Pratiwi, V. (2019). Pembelajaran Anak Autis Dengan Menggunakan Metode Floor Time. Prosiding Seminar Nasional & Exspo Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Afdhal Mashar, Usman Bafadal, Bastiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.