PERMAINAN TWISTER UNTUK MENINGKATKAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK

Authors

  • Afrina Maulyda Universitas Negeri Makassar
  • Dwiyatmi Sulasminah Universitas Negeri Makassar
  • Usman Bafadal

DOI:

https://doi.org/10.70217/jmp.v3i1.240

Keywords:

Twister, Keseimbangan Tubuh, Cerebral Palsy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan keseimbangan tubuh pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas dasar V di SLB YPAC Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) keseimbangan tubuh pada murid cerebral palsy tipe spastik sebelum diberikan intervensi, 2) keseimbangan tubuh pada murid cerebral palsy tipe spastik saat diberikan intervensi melalui permainan twister, 3) kenseimbangan tubuh murid cerebral palsy tipe spastik setalah diberikan intervensi melalui permainan twister, 4) keseimbangan tubuh bagi murid cerebral palsy tipe spastik bedasarkan hasil analisis antara kondisi sebelum diberikan intervensi, saat diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy tipe spastik berinisial AS yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan keseimbangan tubuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan twister dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan keseimbangan tubuh murid cerebral palsy tipe spastik kelas V di SLB YPAC Makassar, dengan hasil yang menunjukkan perbaikan berkelanjutan dari kondisi baseline sebelum intervensi hingga setelah intervensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1.

Asep Karyana, S. D. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Jakarta Timur: Luxima.

Dewi, N. L. A. S., Saraswati, P. A. S., & Sundari, L. P. R. (2019). Hubungan Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Arkus Kaki Dengan Keseimbangan Tubuh Pada Anak-Anak Usia 7-10 Tahun Di Sd No 1 Baha. Ojs. Unud. Ac. Id, 7(3), 10-19.

Dhamayanti, D. A., & Wijaya, I. P. (2018). Penerapan permainan twister untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam sikap tanggung jawab anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 123–134.

Restu, M. H. (2021). Metode Penelitian. Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Enny Fauziah, K. Z. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi untuk Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Lansia Dengan Teknik Core Stability Exercise dan Tandem Walking Exercise. Jurnal Fisioterapi, 17(1), 45–52.

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan karpet engkle: Aktivitas motorik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.789

Habut, M. Y., Nurmawan, I. P. S., & Wiryanthini, I. A. D. (2016). Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 2(1), 12–18.

Meidina, T. (2019). Mengenal Dan Memahami Anak Tunadaksa. Makassar: Agma.

Murphy, K. C. (2006). Brain Power: Aktivitas Pintar Untuk Prasekolah. Jakarta: Erlangga for Kids.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.

Pratiwi, W. C., & Munawar, M. (2014). Peningkatan Keseimbangan Tubuh Melalui Berjalan Di Atas Versa Disc Pada Anak Kelompok B PAUD Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 123–134.

Putri, R. (2016). Melatih Keterampilan Motorik Anak Dengan Twister. Jakarta: For Toddler, Pre-School, Children.

Rahmi Putri, B. (2020). Pengaruh variasi permainan papan twister terhadap peningkatan motorik kasar anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Permata Bunda Kenali Besar (Tesis doktoral, Universitas Jambi).

Restu, H. (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Rustini, S. (2013). Tegak di Atas Kaki. Jakarta: Libri.

Siaahan, H., & Armanila, V. (2022). Studi Kasus: Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy). Jurnal Pelangi, 4(1), 1–23.

Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Pendampingan dan Pelatihan Keseimbangan Tubuh Pada Guru PJOK Sekolah Dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(2), 93–101.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Press.

Susmartini, S., Herdiman, L., & Rochman, T. (2020, November). Evaluasi kontrol postural pada anak ataxic cerebral palsy pada saat berjalan dengan anterior walker pengembangan menggunakan free software CvMob. In Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) (Vol. 3, No. 2, pp. 45–52).

Downloads

Published

28-02-2025

How to Cite

Maulyda, A., Sulasminah, D., & Bafadal , U. (2025). PERMAINAN TWISTER UNTUK MENINGKATKAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.70217/jmp.v3i1.240