PENINGKATAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS CODE QR PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SDLB-B YPPLB MAKASSAR.

Authors

  • Yuni Angraeni Atakari Universitas Negeri Makassar
  • Tatiana Meidina Universitas Negeri Makassar
  • Mustafa Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.235

Keywords:

Kemampuan Kosakata, Media Flashcard Berbasis Code QR, Tunarungu

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang kemampuan kosakata pada siswa tunarungu kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah adanya peningkatan kosakata pada siswa setelah menggunakan media flashcard berbasis code QR kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Siswa tunarungu kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar berinisial H yang menjadi subjek pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil tes sebelum (pretest) dan hasil setelah menggunakan media pembelajaran (posttest) adalah cara analisis data dalam penelitian ini. mendeskripsikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) kemampuan kosakata pada siswa tunarungu kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan media flashcard berbasis code QR pada kategori kurang, 2) kemampuan kosakata pada siswa tunarungu kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar setelah menggunakan media flashcard berbasis code QR berada pada kategori sangat baik 3) terdapat peningkatan kemampuan kosakata pada siswa tunarungu kelas V di SDLB-B YPPLB Makassar menggunakan media flashcard berbasis code QR dari kategori kurang menjadi kategori sangat baik. Dengan demikian, kemampuan siswa setelah penggunaan media flashcard berbasis code QR terjadi peningkatan dibandingkan sebelum penggunaan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Mukhid. n.d. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.

Abdul Chalim Sholeh. Pengembangan Media Flashcard Berbasis QR Code Pada Materi Energi dan Pengaruhnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Comorokandang. http://etheses.uin-malang.ac.id/62314/

Adhityo Kuncoro. 2017. Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Bahasa Inggris. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3.https://core.ac.uk/download/pdf/236198081.pdf

Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16(1). doi: 10.21831/jpai.v16i1.20173.

Cecep Kustandi and Dr Daddy Darmawan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.

Febrisma, Nurliya. 2013. “Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak.” 1.

Lisnawati, Yesy, and Asri Susetyo Rukmi. 2023. “Pengembangan Media Flashcard Untuk Keterampilan Membaca Kata Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar.” 11.

Marlina, Marlina, Abdul Wahab, Susidamaiyanti, Ramadana, Siti Zumrotul Nikmah, Sarwo Edy Wibowo, Indianasari, Syafruddin, Wiwin Putriawati, and Eryuni Ramdhayani. 2021. Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Melinda, Elly Sari & Iis Sri Heryanti. 2013. Bina Komunikasi, Presepsi dan Irama Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Luxima

Munthe, Ashiong P., and Jesica Vitasari Sitinjak. 2019. “Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan.” Jurnal Dinamika Pendidikan 11(3):210. doi: 10.33541/jdp.v11i3.892.

Nuraini, Nuraini, Mohd Harun, and Siti Sarah Fitriani. 2019. “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sibreh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar.” Master Bahasa 7(1):311–20.

Retno Palupi, Dyah Ayu, Dyah Ayu, Eka Putri, Amirul Mukmin. 2022. Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123

Salsabila, Salsabila. (2022). View of Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/arkana/article/view/2825/1771

Septiawati, Dewi, Nunuk Suryani, and Herry Widyastono. 2021. “Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu.” CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences 1(1):246–57.

Sriati, Sriati. 2023. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Permainan Barrier Game Berbantuan Media Pembelajaran Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu Kelas I Sdlb B Karya Mulia Ii Surabaya.” Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 3(2):161–67. doi: 10.51878/edutech.v3i2.2357.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan Ke-3. Alfabeta.

Susi Agustini. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Qr Code Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. https://ojs.unm.ac.id/nalar

Syaputri, Nurul Furqani. 2022. “Penerapan Metode Maternal Reflektif (Mmr) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Di Kelas Dasar II Slb Pembina.”

Viora, D. (2017). Kontribusi Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Xi Sma Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 154–163. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6849

Wahyudi, A. P. A., Aziizah, F., Solihah, R. F., Nsp, T. D. P., & Hamidah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kosakata Pada Anak Tunarungu. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 24–33. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i2.592

Zahro, Umi Atun, Noermanzah Noermanzah, and Syafryadin Syafryadin. 2020. “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Pekerjaan Orang Tua.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 187–98.

Zellatifanny, Cut, and Bambang Mudjiyanto. 2018. “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi.” Jurnal Media Dan Komunikasi 1:83–90. doi: 10.17933/diakom.v1i2.20.

Downloads

Published

01-12-2024

How to Cite

Atakari, Y. A., Meidina, T., & Mustafa. (2024). PENINGKATAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS CODE QR PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SDLB-B YPPLB MAKASSAR. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 2(4), 29–40. https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.235