PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS BOARD GAME DALAM PENGENALAN PENDIDIKAN SEX UNTUK SISWA AUTIS DI SLB C-YPPLB MAKASSAR

Authors

  • Afifah Taliya Tenrisau Universitas Negeri Makassar
  • Tatiana Meidina Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hadis Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.232

Keywords:

Game edukasi, Pendidikan Sex, Autis

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pengembangan media game edukasi berbasis board game dalam mengenalkan pendidikan sex kepada siswa autis di SLB C-YPPLB Makassar, rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah hasil analisis kebutuhan media game edukasi berbasis board game bagi siswa autis dalam mengenal pendidikan sex di SLB C-YPPLB Makassar? 2) Bagaimanakah tahap pengembangan media game edukasi berbasis board game dalam mengenalkan pendidikan sex siswa autis? 3) Bagaimanakah tingkat validitas media game edukasi berbasis board game untuk mengenalkan pendidikan sex siswa autis? 4) Bagaimanakah tingkat kepraktisan media game edukasi berbasis board game dalam pengenalan pendidikan sex untuk siswa autis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4-D. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik wawancara angket, dan instrumen uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan uji kepraktisan pengembangan media game edukasi berbasis board game dinyatakan layak serta dapat digunakan untuk mengenalkan pendidikan sex kepada siswa autis di SLB C-YPPLB Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 1. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arifin, M. B. U. B., & Aunillah. (2022). Buku ajar statistik pendidikan. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-33-4

Ayuningtyas, F., & Moekahar, F. (2022). Sexuality education for children and youth with autism at Rumah Autis Depok. Asia Social Issues, 15(4), 4. https://doi.org/10.48048/asi.2022.254907

Davies, A., Balter, A.-S., van Rhijn, T., Spracklin, J., Maich, K., & Soud, R. (2021). Sexuality education for children and youth with autism spectrum disorder in Canada. Intervention in School and Clinic, 58, 105345122110510. https://doi.org/10.1177/10534512211051068

Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Rakhmawati, R. (2017). GEMPA: Game edukasi sebagai media sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi bagi anak autis. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 6(2), 2.

Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran kotak komponen ekosistem (KOKOSIS) untuk sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184

Maulana, P., & Asmarani, R. (2021). Development of board game media in art culture and craft learning at 5th grade of elementary school. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(1), 99–106. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i1.2083

Mufida, A., & Abidin, M. R. (2021). Perancangan board game sebagai media pembelajaran bahasa Inggris anak usia 6–10 tahun. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 44–59.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap definisi dalam Four-D model pada penelitian research & development (R&D) alat peraga edukasi ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan sains dan matematika anak usia 5–6 tahun. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 2. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951

Rachmawati, F. (2012). Pendidikan seks untuk anak autis. Elex Media Komputindo.

Richey, R. C., Klein, J. D., & Tracey, M. W. (2010). The instructional design knowledge base: Theory, research, and practice. Routledge.

Thiagarajan, S., & Others, A. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Council for Exceptional Children. https://eric.ed.gov/?id=ED090725

Tri Widyasti, F. (2009). Seksualitas remaja autis pada masa puber: Pendekatan studi kasus. [Other, Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/10958/

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, action research, research and development (R & D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

01-12-2024

How to Cite

Tenrisau, A. T., Tatiana Meidina, & Abdul Hadis. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS BOARD GAME DALAM PENGENALAN PENDIDIKAN SEX UNTUK SISWA AUTIS DI SLB C-YPPLB MAKASSAR. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 2(4), 1–12. https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.232