PENGEMBANGAN MEDIA FINGER COLORING BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEWARNAI ANAK AUTIS DI SLB ARNADYA

Authors

  • Nurhidayah Humairah Universitas Negeri Makassar
  • Tatiana Meidina Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hadis Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.227

Keywords:

Finger Coloring Book, Siswa Autis, Kemampuan Mewarnai

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media finger coloring book untuk melatih kemampuan mewarnai anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan finger coloring book. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dessimenate) akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Sasaran dari penelitian ini yaitu, guru kelas siswa autis di SLB Arnadya, ahli media dan ahli materi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran dalam bentuk buku mewarnai dengan menggunakan teknik finger painting dalam melakukan kegiatan mewarnai. Media finger coloring book  ini memperoleh skor penilaian media sebanyak 100% dengan kategori sangat baik dan skor penilaian materi sebanyak 100% dengan kategori sangat baik adapun untuk skor penilaian guru kelas sebagai pendamping siswa autis saat menggunakan media sebanyak 84% dengan kategori baik, hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari penilaian atau validasi ahli media, ahli materi dan guru kelas. Sesuai dengan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran finger coloring book yang telah dikembangkan dapat dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa autis dalam memperoleh pembelajaran sesuai dengan karakateristik siswa autis serta dapat dikembangkan kembali dengan versi yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial dalam menggambar alam benda pada siswa kelas VII SMPN 1 Anggeraja (Skripsi, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar).

Afriani, R., Sofia, A., & Risyak, B. (2016). Pengaruh bermain finger painting terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1, 1-10. https://doi.org/10.1234/paud.11613

Arifin, M. B. U. B., & Aunillah. (2021). Buku ajar statistik pendidikan (1st ed.). UMSIDA Press.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Longmans, Green.

Chlebowski, C., Green, J. A., Barton, M. L., & Fein, D. (2010). Using the Childhood Autism Rating Scale to diagnose autism spectrum disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 40(7), 787-799. https://doi.org/10.1007/s10803-009-0926-x

Firdausiah, T. (2022). Kegiatan finger painting dalam meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.26740/inklusi.v5n1.p035-046

Khasanah, K. (2022). Pengaruh permainan finger painting terhadap kreativitas anak kelompok B2 [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. In Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University (Issue 8.5.2017). http://etheses.uin-malang.ac.id/34645/1/15160040.pdf

Laili, R. N. (2012). Pengaruh latihan motorik halus terhadap keterampilan mewarnai bagi anak kelompok A di TK Aisyiyah 17 Surabaya. Pendidikan Anak Usia Dini, 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2434

Listyowati, A., & Sugiyanto. (2014). Finger painting. Erlangga.

Made, N., Risanti, N., Nym, I. W., & Wiarta, W. (2013). Penerapan metode pemberian tugas berbantuan media konkret melalui kegiatan finger painting untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional. Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1001/868

Minshew, A. (2024, April 10). 24 activities, teaching strategies, and resources for teaching students with autism. Waterford.org. https://www.waterford.org/blog/activities-for-children-with-autism/

Nuritta, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03(01), 176-177.

Olivia, F. (2013). Gembira bermain corat coret (1st ed.). PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=L4ZKDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion development program for parents of children with cerebral palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-164.

Putri, R. S., Siswanto, W., Sunandar, A., Sumarsono, R. B., Romadlon Junaidi, A., Wates, S., & Mojokerto, K. (2022). Pengembangan media finger coloring untuk anak Down syndrome dalam melatih keterampilan mewarnai. ORTOPEDAGOGIA, 8(1), 5–11. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo

World Health Organization (WHO). (2023). Autisme. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Downloads

Published

01-12-2024

How to Cite

Humairah, N., Meidina, T., & Hadis, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA FINGER COLORING BOOK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEWARNAI ANAK AUTIS DI SLB ARNADYA. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 2(4), 13–28. https://doi.org/10.70217/jmp.v2i4.227