Peningkatan Keterampilan Vokasional Membuat Bouquet Snack Melalui Teknik Modelling Pada Siswa Tunagrahita di SLB YPAC MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.70217/jmp.v2i3.220Keywords:
keterampilan vokasional membuat bouquet snack, teknik modelling, anak tunagrahitaAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas VIII di SLB YPAC Makassar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas keterampilan vokasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui keterampilan vokasional membuat bouquet snack pada siswa tunagrahita sebelum menggunakan teknik modelling. (2) Mengetahui keterampilan vokasional membuat bouquet snack pada siswa tunagrahita setelah menggunakan teknik modelling. (3) Mengetahui ada-tidaknya peningkatan keterampilan vokasional membuat bouquet snack melalui teknik modelling pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memperoleh gambaran keterampilan vokasional membuat bouquet snack sebelum dan setelah menggunakan teknik modelling pada anak tunagrahita kelas VIII di SLB YPAC Makassar menggunakan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan vokasional membuat bouquet snack anak tunagrahita kelas VIII di SLB YPAC Makassar sebelum penggunaan teknik modelling berada pada kategori kurang terampil, kemudian setelah penggunaan teknik modelling terjadi peningkatan ke kategori sangat terampil. Dengan demikian terdapat peningkatan keterampilan vokasional membuat bouquet snack melalui teknik modelling pada siswa tunagrahita kelas VIII di SLB YPAC Makassar.
Kata Kunci: keterampilan vokasional membuat bouquet snack, teknik modelling, anak tunagrahita
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Diretorat Penbinaan Pendidikan Tenaga Pendidik dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Remaja Rosdakarya.
Bastiana. (2014). Bentuk Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah.Makassar. Universitas Negeri Makassar
Hadi, P. (2005). Modifikasi Perilaku. Depdiknas.
Kusmiarti, M. (2016). Teknik Modelling Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 1-11.
Rahmatyana, Nanin dan Rima Irmayanti. (2020). “Teknik Modelling dalam Bimbingan Kelompok untuk Perencanaan Karier Siswa SMA.” Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, no.2: 61-71.
Rahmawati, D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Laundry Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Yogyakarta. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 8(10), 1025-1037.
Sasmitara, Nella., Kunta & Wijiastuti, A. (2019). Teknik Modelling Keterampilan Vokasional Dalam Membuat Keset Untuk Siswa Tunagrahita Ringan.
Sembiring, C. R. U., Kusumastuti, G., Marlina, M., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Menggosok Gigi dengan Menggunakan Metode Modelling bagi Anak Tunagrahita Kelas III di SLB Karya Inspirasi Mandiri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23670-23673.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Junaeda, Usman, Faizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.