Penerapan Metode Pembelajaran Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.70217/jmp.v2i3.207Keywords:
metode speed reading, kemampuan membaca pemahaman, siswa SDAbstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 126 Inpres Kariango. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 126 Inpres Kariango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus dari penelitian ini adalah adalah penerapan metode speed reading dan kemampuan membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN 126 Inpres Kariango yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran speed reading dilakukan dalam 2 siklus, temuan dari siklus I terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran pada tahap penyajian yaitu guru tidak menjelaskan terlebih dahulu pengertian dan teknik metode speed reading sehingga siswa kurang fokus terhadap pembelajaran dan berdampak pada tes formatif. Selanjutnya diadakan proses perbaikan dan menerapkan metode pembelajaran speed reading, sehingga temuan dari siklus II terlihat dimana aktivitas guru sudah menguasai pembelajaran dengan menggunakan metode speed reading dan dapat menjadi pusat perhatian oleh siswa karena secara langsung dengan membaca menggunakan teknik tersebut siswa sudah bisa menemukan apa yang didapatkan dari bahan bacaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan atau perbaikan penerapan dengan menggunakan metode pembelajaran speed reading pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 126 Inpres Kariango.
Downloads
References
Agustini, J. (2019). Jumaidha agustini nim. f1082141028. Pengaruh Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amalia, F. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(01), 31–41. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i01.479
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Karim. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Penerapan Metode Membaca Cepat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaobula Kota Baubau. 1(3), 97–104.
Muhlisa, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Jurnal Universitas Negeri Makassar, 1–10.
Mustajab, A., Rahmawati, P., Selestin, Y. D., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99
Rahman. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, 4(September 2022), 828–839.
Rosmawati, & Muftianti. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dengan menggunakan Metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SD. Journal of Elementary Education, 04(01), 121–128.
Vania, T. D. D. (2020). Penggunaan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD Islam Miftahus Shibyan Kecamatan Plosoklaten Kediri. … Journal of Humanities and Social Sciences, 3, 13–25. https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/1314
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni Nahar, Muhammad Irfan, Abdul Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.