Analisis Dimensi Gotong Royong dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Karakter Kerjasama Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.70217/jmp.v2i3.196Keywords:
Gotong Royong, karakter kerjasamaAbstract
Gotong royong merupakan salah satu kebiasaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dalam peningkatan karakter siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan dimensi gotong royong dalam program P5 dalam meningkatkan karakter kerja sama siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V B, dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan penerapan dimensi gotong-royong dalam meningkatkan karakter kerja sama berjalan dengan baik, aktivitas yang dilakukan yaitu berkebun, membuat karya, dan juga pemilahan sampah. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan karakter kerja sama yaitu berusaha keras dalam kelancaran kegiatan. Adapun faktor pendukung dan penghambat selama jalannya kegiatan tidak membuat semangat dan antusias warga sekolah berkurang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan dimensi gotong royong Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terdapat peningkatan karakter pada siswa, siswa menunjukkan sikap kerja sama antar sesama. Proses pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan penerapan dimensi gotong royong dalam peningkatan karakter kerja sama siswa berjalan dengan baik.
Downloads
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1 (1), 66–72.
Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906-26912.
Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13-19.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2).
Hadaina, N., & Astawan, I. G. (2021). Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 8-12.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi No. 56/M/2022 Tentang Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaram Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152-1161.
Kunandar (2015). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
Mantra, G. K., Lasmawan, I. W., & Suarni, N. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangkan Karakter Gotong-Royong Pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pendasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156-168.
Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14-21.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.
Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.
Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348-1363.
Nurul, N. Q., Pratiwi, E. S., & Munawaroh, H. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter Di Paud. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 39-48
Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105-118.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Risno, M. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90 Lenrang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Siregar, M. I. (2022). Pendidikan Karakter di Era Millenial. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 68-81.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Bab 2 Pasal 4 Tentang Guru dan Dosen
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2023). Implementasi metode STAR untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696-708.
Widayati, S. (2020). Gotong Royong. Alprin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Natasya Anugrah, Khaerunnisa, Faidah Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.