PERAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.216Keywords:
Peran Media Sosial Tiktok, Profil Pelajar Pancasila, Dampak pada SiswaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan media sosial Tiktok dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila SDN 53 Banyorang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V A dan VI B serta siswa kelas V A dan VI B yang ada di SDN 53 Bamyorang Kabupaten Bantaeng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru memanfaatkan media sosial Tiktok untuk mencari dan mengkurasi konten yang relevan guna menguatkan Profil Pelajar Pancasila. Dalam aktivitas ini, guru menjelajahi berbagai video yang menyajikan nilai-nilai Pancasila, seperti toleransi, gotong royong, dan kemandirian. guru dan siswa memiliki kerja sama yang baik dalam penguatan pada dimensi seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak baik dan dimensi kreatif. Namun, adapun dampak bagi siswa yang menggunakan media sosial yaitu dampak postitifnya konten Tiktok juga dapat digunakan untuk menonton kisah-kisah inspiratif dan doa-doa yang memperkuat spiritualitas siswa. Tiktok juga dapat memberikan siswa untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu juga tiktok menyebarkan konten yang edukatif yang mendorong siswa untuk berpikir kritis. Sedangkan dampak negatifnya Mereka tidak menghargai guru yang sedang mengajar, mengikuti tren Tiktok yang tidak sesuai pada umurnya, mengikuti tren tanpa mengetahui maknanya dan mereka sering mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan atau kotor, hal inilah yang membuat pudarnya nilai-nilai Pancasila yang ada pada diri siswa.
Downloads
References
Ariani, Ni Komang Rina., dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Pendidik. 3(2): 217-226.
Hanafiah, Sauri, R Supyan, Mulyadi, Dedi, dan Arifusin, Opan. 2022. Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5(6), 1816-1823.
Hutagalung, M. A. K. (2019). Analisa Pembiayaan Gadai Emas di PT. Bank Syari’ah Mandiri KCP Setia Budi. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 116-126.
Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter Di Era Teknologi 4.0. J-INSTECH, 5(2), 105-121.
Jamaluddin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(3). 698-709.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(02), 425-436.
Rinawati, A., dkk. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jember: LPPM IKIP PGRI Jember, Vol.4 No.2 Agustus.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Sukirman. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Gowa: Aksara Timur. Hal.