PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN IPA BERBASIS GAME EDUKASI DI UPT SPF SDN MINASA UPA
DOI:
https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.204Keywords:
Multimedia Pembelajaran Interaktif, Game Edukasi, Muatan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas IV di UPT SPF SDN Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keterbatasan dalam penggunaan teknologi multimedia interaktif pada pembelajaran IPA, khususnya mengenai topik makanan sehat dan bergizi, yang disebabkan oleh terbatasnya fasilitas dan infrastruktur. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model Alessi & Trollip, yang mencakup tahapan perencanaan, desain, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Likert untuk validasi dari ahli media dan ahli materi. Hasil uji alfa menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk sebesar 88,70% dari ahli materi dan 80,20% dari ahli media, yang keduanya termasuk kategori "Sangat Layak". Uji beta, yang melibatkan 21 siswa dan 1 guru, menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 84,09% dan 84,37%, juga dalam kategori "Sangat Layak". Berdasarkan hasil analisis dari uji alfa dan beta, multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Dengan demikian, penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat menjadi inovasi dalam pembuatan media pembelajaran, khususnya multimedia interaktif, serta memberikan referensi tambahan bagi penelitian selanjutnya.
Downloads
References
Abidin, Z. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Gugus Iv Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102701
Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. In European Journal of Education Studies (Vol. 1, Nomor 1). Allyn and Bacon.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/959
Hisbullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar (A. Asiz & Mirnawati (ed.)). Penerbit Aksara Timur.
Hotimah, H., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif IPA untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Mikroorganisme SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 201–213. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.15047
Lestari. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Penerbit Lakeisha.
Maruapula, S. D., Jackson, J. C., Holsten, J., Shaibu, S., Malete, L., Wrotniak, B., Ratcliffe, S. J., Mokone, G. G., Stettler, N., & Compher, C. (2011). Socio-economic status and urbanization are linked to snacks and obesity in adolescents in Botswana. Public Health Nutrition, 14(12), 2260–2267. https://doi.org/10.1017/S1368980011001339
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (2022). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66.
Novitasani & Handoyo. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban Di Unesa. Paradigma, 2(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/25/article/view/9090
Noviyanti, S. (2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Ternate Pada Anak-Anak. IJIS - Indonesian Journal on Information System, 2(2), 57–68. https://doi.org/10.36549/IJIS.V2I2.30
Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/17793/17317
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. (2017). Game Edukasi RPG Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 77–84. https://doi.org/10.24235/EDUMA.V6I1.1701.G1178
Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/3316
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 80–90.
Purwati, E., & Kunaefi, A. (2020). Pemetaan Potensi Anak DidikBerbasis Multiple Intelligences dalam Pendidikan Islam. Zifatama Jawara.
Richard E. Mayer. (2009). Multimedia Learning (Second Ed). Cambridge University Press.
Sandy, T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Game Mobile Learning. CV Multimedia Edukasi.
Senn, J. A. (1997). Analysis and Design of Information Systems. https://dl.acm.org/doi/abs/10.5555/542607
Suarjani, & Wayan, N. (2019). Student Centre Learning ( Scl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 40. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.928
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/9723
Surjono, D. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press. UNY Press.
Suwasono, E. (2020). Makanan dan Kesehatan (Tim Editor (ed.); 2019 ed.). ALPRIN.
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
U.S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92
Wahyudi, D. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Akhlak Dengan Program Prezi (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014). Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1589
Wahyuni, I. S., Sahabuddin, E. S., & Nurhaedah. (2022). the Development of Android-Based “Hiruter” Interactive Multimedia in Indonesian Lessons in Class II SD. Progres Pendidikan, 3(3), 151–155. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.251
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar [The use of interactive multimedia containing educational games for elementary school students]. Jurnal Pendidikan, 1–8. https://core.ac.uk/download/pdf/267023877.pdf
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816