PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI MACCINI SOMBALA

Authors

  • Annisafitri Universitas Negeri Makassar
  • Khaerunnisa Universitas Negeri Makassar
  • Faidah Yusuf Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.203

Keywords:

Talking Stick, Keterampilan Berbicara, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Experiment Desain. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan model pempelajaran kooperatif tipe talking stick, gambaran keterampilan berbicara, dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala dengan sampel berjumlah 52 siswa. teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji paired sample t-Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 25.0. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif gambaran pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat dikatakan berlangsung secara efektif, dimana pada pertemuan pertama proses pembelajaran yang dilakukan berada pada kategori baik. Pada pertemuan kedua proses pembelajaran yang dilakukan berada pada kategori sangat baik. Sementara itu, gambaran keterampilan berbicara siswa berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe talking stick berlangsung dengan sangat efektif, berlangsung sangat baik sesuai dengan langkah penerapan model, dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Jaya, 2016.

Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Imas Kurniasih, B. S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena. Miftahul Huda, (2017), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal.225.

Jabatan, M. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Galumpang Melalui Metode Latihan . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X , 175.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra ( BASASTRA ) Di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 82-97.

Kundharu Saddhono, Y. S. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Molan, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 177.

Murtiningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi, 101-102.

Murtiningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. PGSD FIP, 101.

Nasroni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika, 147.

Nawawi. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press.

Nilayati P.M, Suastra W.I, Gunamantha M. .. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(1):31–40.

Rahman, A., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1):2-3.

Sauran, S. (2020). Penerapan Model Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas IV SDN 11 Dangerakko Kota Palopo . Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Downloads

Published

28-07-2024

How to Cite

Annisafitri, Khaerunnisa, & Yusuf, F. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI MACCINI SOMBALA. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 2(3), 40–46. https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.203

Issue

Section

Articles