PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR

Authors

  • Chelyn Gloria Anugrah Uniersitas Negeri Makassar
  • Hamzah Pagarra UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Nurhaedah UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Keywords:

Media Video Animasi, Keterampilan Menyimak

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh pengguhnaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Inpres Bawakareng Kota Makassar dengan rumusan masalah (1) bagaimanakah gambaran penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia (2) Bagaimana hasil keterampilan menyimak cerita pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan video animasi (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar.  Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan Teknik probability sampling yaitu siswa kelas IV SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penggunaan media video animasi terlaksana sangat baik, hal ini terlihat dari persentase dari setiap pertemuan memberikan pengaruh positif terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik. (2) Hasil belajar siswa kelas IV setelah penggunaan media video animasi lebih tinggi dibandingkan sebelum penggunaan media video animasi. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata (mean) pretest mengalami peningkatan ketika diberikan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. (3) Penggunaan media video animasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak cerita pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh terhadap keterampilan menygimak cerita siswa kelas IV SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Depok: PT. Raja Grapindo.

Askarman, L. (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.

Azizah, T. N. (2019). Pengaruh penggunaan media film kartun terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas III SDN Tangerang 15.

Cusnaki, & Syamsuddin. (2022). Mengembangkan keterampilan menyimak anak usia dini melalui permainan blind ball. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2544–2552.

Deviyani, & Darwis, U. (2020). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap keterampilan menyimak cerpen pada siswa kelas V SD 105240 Tebing Tinggi.

Dewi Putri Kumala, & Budiana, N. (2018). Media pembelajaran bahasa. Malang: UB Press.

Djaali. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ernawati, & Rasna. (2020). Menumbuhkan keterampilan menyimak peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 104.

Fadillah Dilla, A., Fitroh, A., Sania, N. L., & Damayanti, D. (2022). Materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas tinggi. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Ginting, L. S. D. B. (2020). Bahasa Indonesia SD 2. Ciracas: Guaepedia.

Hamid, et al. (2020). Media pembelajaran. Kita Menulis.

Hamidulloh, I. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Hapsari, & Zulherman. (2021). Pengembangan video animasi berbagai aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2385.

Harlina, & Wardarita. (2020). Peran pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Bahasa Indonesia dan Sastra, 4(1), 63–68.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Muliani, & Arusman. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengembangan, 2(2), 134.

Okarisma, M., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Jurnal Kampret, 1(2), 2–3.

Septy, N. (2021). Media pembelajaran. Tangerang: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Downloads

Published

28-07-2024

How to Cite

Anugrah, C. G., Pagarra, H., & Nurhaedah. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR . Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 2(3), 13–24. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/198

Issue

Section

Articles