PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mutiara Nurul Fuada Aco Universitas Negeri Makassar
  • Latri Aras Universitas Negeri Makassar
  • Afdhal Fatawuri Syamsuddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.192

Keywords:

model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) , kemampuan pemahaman konsep , matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN Kompleks IKIP 1 Makassa yaitu rendahnya kemampunan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran  penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) pada siswa kelas IV sekolah dasar , (2) Untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pada materi sudut sesudah penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi sudut siswa kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini kelas IV SDN Kompleks IKIP 1 Makassar dengan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data adalah tes soal essay, lembar observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes essay berupa posttes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh p-value atau sig hitungnya lebih kecil dari yang ditentukan. Sehingga hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika kelas IV SDN Kompleks IKIP 1 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2006). Standar isi kurikulum tingkat satuan pendidikan SD/MI.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar segiempat. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1, 120–128. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Darmayanti, V. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). SELL Journal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Darmi, D. D. (2020). Penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) menggunakan bahan ajar desain didaktis untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Fatimah, F., et al. (2021). Hubungan kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 431–438. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/21864/11828#

Hamzah, A. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika (2nd ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Hayyun, M., & Duri, B. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Holistika, 127–130. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5363

Hermawati, E., et al. (2021). The effect of application of the Auditory Intellectually Repetition (AIR) cooperative learning model to improve the understanding of mathematics concepts. The 3rd International Conference on Elementary Education (ICEE 2020), 3(November), 145–152. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/1456

Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar (5th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

27-11-2024

How to Cite

Aco, M. N. F., Aras, L., & Syamsuddin, A. F. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 2(3), 1–14. https://doi.org/10.70217/jiptek.v2i3.192

Issue

Section

Articles